Pengertian Administrasi Dan Administrasi Pendidikan
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................... I
DAFTAR
ISI.................................................................................................................. II
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................................................. 1
1.1
Latar Belakang.................................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah............................................................................................... 2
1.3
Tujuan Pembuatan Makalah............................................................................... 2
1.4
Manfaat Pembuatan Makalah............................................................................. 2
BAB
II PENGERTIAN................................................................................................. 3
1. Pengertian
Administrasi Dan Administrasi Pendidikan..................................... 3
BAB
III PEMBAHASAN ............................................................................................. 7
A. Struktur
Organisasi............................................................................................. 7
B. Tugas
pokok dan fungsi administrasi ................................................................ 8
C. Prinip-prinsip
dan ciri-ciri administrasi.............................................................. 9
D. Implementasi
perinsip ....................................................................................... 10
BAB
VI PENUTUP....................................................................................................... 11
A. Kesimpulan......................................................................................................... 11
B. Saran................................................................................................................... 11
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................................... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Sejak
timbulnya peradaban manusia, administrasi telah diperaktikkan karna sejak itu
telah terpenuhi unsur-unsur yang meliputi adanya dua orang manusia atau lebih,
tujuan yang hendak dicapai, kerjasama dan pembagian tugas, peralatan, unsur
waktu dan tempa. Administrasi tidak sekaligus menjelma menjadi sains. Biasanya
seseoramh terdorong mempelajari ilmu karena menyadari ada faedah atau
hikamahnya. Demikian juga, ilmu administrasi dipelajari karena mengandung
hikmah yang besar dalam memajukan kesejahteraan hidup manusia di muka buni ini.
Ilmu ini dirumuskan untuk memperbaiki keadaan masnusia supaya bertambah hari
bertambah maju dan sejahtera. Oleh karena itu, dengan menerapkan ilmu ini ini
diharapkan keadaan sesuatu lingkungan bertambah baik. Lingkungan keluarga, lingkungan
usaha dan pekerjaan, tingkat negara dan pemerinthan negara nasional dan tingkat
internasional dapat ditaat dan dikelola dengan baik.
Pengetahuan
inimondorong manusia memerhatikan daya imajinasi, ramalan-ramalan, dan
pandangan-pandangan yang jauh kedepan untuk mengadakan perbaikan dan
penyempurnaan. Bertambah jelas bahwa tidak satu usaha pun yang dapat bertambah
lama dan menjangkau saasaran apabila tidak dihayati dengan administrasiyang
tepat. Baik yang menyangkut tujuan-tujuan ekonomi, sosial, politik, maupun
keagamaan. Apabila seseorang memiliki ilmu, berarti orang itu memiliki
kelebihan rohani. Dalam Al-Quran dijelaskan orang-orang yang berilmu dengan
orang-orang yang tidak berilmu.manusia didorong untuk meraih ilmu pengetahuan.
Dengan kelebihan dalam suatu cabang atau beberapa cabang ilmu, seseorang akan
memiliki kelebihan atau keterampilan dalam bidang pengetahuan tersebut.
Sesuai
dengan sifatnya ilmu yang universal, ilmu administrasi tidak hanya berkembang
di negeri asalnya, melainkan juga di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia
karena ilmu ini sangat dibutuhkan. Di indonesia, perkembangan ilmu administrasi
ditentukan oleh adanya kebutuhan organisasi dalam semua lapisan dan tingkat
kegiatan, baik yang menyangkut pemerintahan maupun yang menyangkut dunia usaha.
Perguruan-perguruan tinggi di Indonesia sangat menaruh perhatian, terbukti
dengan dibukanya fakultas-fakultas ketatanegaraan dan ketataniagaan di
Universitas Bariwijaya, Universitas Krisna-dwipyana , Universitas 17 Agustus,
dan Universitas Jakarata.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa pengertian administrasi
2. Apa tugas pokok dan fungsi
administrasi
3. Apa prinsip dan ciri-ciri
administrasi
4. Apa yang di implementasikan
prinsip administrasi
1.3
TUJUAN
PEMBUATAN MAKALAH
1. Untuk
menunaikan tugas mata kuliah pengantar ilmu administrasi
2. Mengetahui
penjelasan administrasi
1.4
MANFAAT
PEMBUATAN MAKALAH
1. Untuk mengetahui pengertian
administrasi
2. Untuk mengetahui tugas pokok
dan fungsi administrasi
3. Untuk mengetahui prinsip dan
ciri-ciri administrasi
4.
Untuk mengethui implmentasi prinsip adminitrasi
BAB II
PENGERTIAN
1.
Pengertian Administrasi
dan administrasi pendidikan
Untuk
dapat memahami administrasi pendidikansecara keseluruhan, maka perlu terlebih
dahulu membahas titik awal pengertian tersebut, yaitu administrasi. Pengertian dasar mengenai administrasi itu akan
merupakan tumpuan pemahaman administrasi pendidikan seutuhnya. Secara sederhana
administrasi ini berasal dari kata latin”ad”
dan “ministro”. Ad mempunyai arti
“kepada” dan ministro berarti “melayani”. Menurut Moh. Rifa’i (1984: 24) jika
administrasi ditelaah arti katanya yaitu asal kata dari: “Ad” dan “ministrare” yang
beraarti “bantuan”. Secara bebas dapat diartikan bahwa administrai itu
merupakan pelayanan atau pemgabdian tahap subjek tertentu. Memang, zaman dulu
administrasi dikenakan kepada pekerjaan yang yang berkaitan dengan pengabdian
atau pelayanan kepada raja atau mentri-mentri dalam tugas mengelola
pemerintahanya.
Kini
administrasi itu telah mengalami perkembangan yang pesat sehingga administrasi
ini mempunyai pengertian atau konotasi yang luas. Secara garis besar pengertian
itu antara lain sebagai berikut:
1) Mempunyai
pengertian sama dengan manajemen.
2) Menyuruh
orang secara produktiv.
3) Memanfaatkan
manusia, matrial, uang, metode secara terpadu.
4) Mencapai
suatu tujuan dari orang lain.
5) Fungsi
eksekutif pemerintah.
Bahkan
banyak orang yang beranggapan bahwa administrasi itu sama dengan pekerjaan juru
tulis, klerk, tata usaha, kerja kantor, atau pekerjaan yang bersangkut paut
dengan tulis menulis. Yang dimaksud dengan administrasi di sisni tentu sajan
bukan pengertian yang terakhir itu administrasi adalah upaya mencapai tujuan secara
efektif dan efisien dengan memanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerjasama.
Efektif dalam arti hasil yang dicapai upaya itu sama dengan tujuan yang telah
ditetapkan. Sedangkan efeisen berhubungan dengan penggunaan sember dana, daya
dan waktu yang ekonomis. Selain manusia dan tujuan, administrasi sangat
memperdulikan keadaan sumber. Sumber adalah segala hal yang membabantu
tercapainya tujuan baik berupa tenaga, material, uang ataupun waktu.
Administrai
pendidikan mengandung dua pokok pikiran yaitu administrasi dan pendidikan.
Pengertian administrasi adalah upaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien
dengan memanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerjasama. Sedangkan
pedididkan adalah proses sengaja untuk meneruskan atau mentranmisikan budaya
orang dewasa kepada generasi yang lebih muda. Proses ini mengandungsuatu
tindakan asasi yaitu pemilihan atau seleksi keterampilan, fakta, nilai, dan
sikap yang paling berharga dan penting dari kebudayaan untuk diajarkan kepada
generasi yang lebih muda itu. Pemilihan dan pengambilan keputusan itu merupakan
tindakan yang sengaja.
Selanjutnya
untuk mendapat gambarn yang lebih jelas tentang pengertian administrasi
pendidikan, baiklah kita kemukakan di sini beberapa rumusan dari para ahli sebagai
berikut:
A. Sondang
P. Siagian, MPA. PHD.
Administrasi
adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasaekan
atas rasionalitas tertentu, untuk
mencapai tujuan yang telah di tentukan sebelumnya.
B. Ars.
The Liang Gie
Administrasi
adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang
dilaksanakan oleh terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok
orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu
C. Drs.
Soehari Trisna
Administrasi
adalah keseluruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau
lebih dengan secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya secara efisien.
D. Moh.
Rifa’i
Administrasi
adalah keseluruhan proses yang mempergunakan dan mengikuti serta semua sumber
potensi yang tersedia dan yang sesuai, baik personal maupun matriil, dalam
usaha unguk mencapai bersama suatu tujuan, secara efekltif dan efisien.
Administrasi penididikan adalah keseluruhan proses yang mengunakan dan mengikut
sertakan semua potensi yang terdapat pada unsur-unsur manusia, alat, keuangan
dan sebagainya secara efektif dan efisien untuk mencapai seuatu tujuan
pendidikan.
E. Oemar
Hamalik
Administrasi
adalah usaha bersama unutk mendayaguna semua sumber (Personal maupun matriil)
secara efekti dan efisien untuk mencapai suatu tujuan.
F. Prajudi
Atmosudirjo yang dikutip Soekarno (1982: 9)
Administrasi
adalah keseluruhan proses yang dimulai dari proses pemikiaran, proses
perencanaan, proses pengaturan, proses pengerakkan, proses pengawasan, atau
pengendalian sampai dengan proses pencapaian.
G. Ibnu
Syamsi
Administrasi
adalah segenap proses kerjasama sekelompok orang yang mengunakan fasilitas huna
memperlancar dan menefisienkan pencapaian tujuan organisasi yang bersangkutan.
H. Oteng
Sutisna
Administrasi
adalah keseluruhan proses dengan mana sumber-sumber manusia dan matriil yang
cocok terbuat tersedia dan efektif bagi pencapaian maksud-maksud organisasi
secara efisien.
I.
Jhon M. Plifner
Administrasi
dapat dirumuskan sebagai pengorganisasian dan penjurusan sumber-sumber dan
bahan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
J. Leonardo
D. White
Administrasi
adalah suatu proses yang terdapat secara umum dalam segala usaha kelompok
manusia, usaha negara atau swasta, usaha kecil ataupun besar.
K. William
H. Hewman
Administrasi
adalah pedoman kepemimpinan dan pengawasan usaha suatu kelompok orang-orang
kepencapaian tujuan bersama.
L. Soekarno
K
Administrasi
ialah proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
M. Drs.
M. Ngalim Parwanto
Administrasi
pendidikan adalah segenap peroses
pengarahan dan pengintegrasi segala suatu baik personal, spiritual dan matrial
yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan.
N. Departemen
pendidikan dan kebudayaan RI dalam kurikulm usaha-usaha perbaikan dalam bidang
pendidikan dan administrasi negara
Administrasi
pendidikan adalah suatu peorses keselurhan, kegiatan bersama dalam bidang
pendidikan yeng meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian,
pengawasan, pembiayaan, pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan
fasilitas yang tersedia, baik personal, material, maupun spiritual untuk
mencapai tujuan pendidkkan secara efektif dan efisien.
O. G.Z
Roring yang dikutip Hadari Nawawi (1983: 10)
Administrasi
pendidikan adalah cara bekerja dengan orang-orang di dalam rangka usaha
mencapai tujuan pendidikan yang efektif, yang berarti mendatangkan hasil yang
baik, tepat dan benar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah di tetapkan.
P. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam pedoman pelaksana kurikulum, buku III D.
Administrasi
ialah usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber (personal maupun matrial)
secara efektif dan efisien guna untuk menunjang untuk tercapainya tujuan
pendidikan.
Berdasarkan
uraian di atas dapat kita simpulakan bahwa, administrasi pendidikan adalah
rangkaian kegiatan berencana dan sistematis yang melibatkan dan mengikut
sertakan sumber-sumber potensi yang ada dan sesuai baik sarana dan prasarana
maupun manusia dalam mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Sejalan dengan pengertian administrasi pendidikan yang lebih penting lagi dan
perlu penekanannya adalah bentuk oprasional di lembaga pendidikan atau
disekolah. Kegiatan oprasional yang paling pokok di sekolah yaitu kegiatan
pembelajaran.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Struktur Organisasi
Ka.
TATA KECANTIKAN


B.
Tugas pokok dan fungsi
administrasi
1.
Tugas pokok administrasi
Administrasi
akan berhasil baik apabila di dasarkan atas dasar-dasar yang teapat. Dasar
diartikan sebagain suatu kebenaran yang fundemental yang dapat dipegunakan
sebagai landasan dan pedoman bertindak dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut
akan dipaparkan beberapa dasar yang perlu diperhatikan agar administrator dapat
mencapai sukses dalam tugasnya. Terdapat banyak dasar administrasi, antara
lain:
a. Prindip
efisiensi
Seorang
administrasi akan berhasil dalam tugasnya bilamana di efisiensi dalam
mengunakan sumber-sumber tenaga dana dan fasilitas yang ada.
b. Prinsip
pengelolaan
Administrator
akan memperoleh hasil yang paliang efektif dan efisien melalui orang-orang lain
dengan jalanan melakukan pekerjaan
manajeman, yakni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan
mengntrol.
c. Prinsip
pengutamaan tugas pengelola
Jika
disertai pekerjaaan manajemen dan operatif dalam waktun yang sama, seseorang
administrasi cenderung untuk memberikan prioritas pertama dalam pekerjaan
koperatif. Administrator harus mampu menghindari dari kecenderungan negatif
ini, sebab bila ia terlalu sibukdengan tugas-tugas operatif, maka pekerjaan pokoknya yaitu pengelolaan
akan terbengkalai.
d. Prinsip
kepemimpinan yang efektif
Seseorang
administrator yang berhasil dalam tugasnya apabila ia menggunakan gaya
kepemimpinan yang efektif, yakni yang memperhatikan dimensi-dimensi hubungan
antara manusia, dimensi pelaksana tugas dan dimensi situasi dan kondisi yang
ada.
e. Prinsip
kerjasama
Seorang
administrator akan berhasil baik dalam tugasnya bila ia mampu mengembangkan
kerjasama diantara orang-orang yang terlibat, baik secara horizontal maupun
secara fertikal.
2. Fungsi
administrasi pendidikan
a. Administrasi
pendidikan sebagai alat pengumpulan data informasi dan penyelesaian
maslah-masalah dalam pembelajaran yang dihadapi sehari-hari
b. Administrasi
pendidikan sebagai proses kegiatan yang bertahap yang dimulai dari perencanaan,
pengorganisasian, pengerakan atau pelaksanaan, dan diakhiri oleh penilaian.
c. Administrasi
pendidikansebagai kepemimpinan, yaitu kemampuan untuk mempengaruhi orang-orang
agar mau melakukan klegiatan.
C. Prinip-prinsip
dan ciri-ciri administrasi
a. Prinsip-prinsip
1) Prinsip
fleksibilitas
Dalam penyelengaraan
pendidikan di sekolah hendaknya dilakukan dengan mengingatkan faktor-faktor dan
kemampuan untuk menyediakan fasilitas bagi berlangsungnya program pendidikan di
sekolah.
2) Prinsip
efisien dan efektivitas
Pada hakikatnya efisien
tidak hanya menyangkut pengunaan waktu secara tepat, melainkan juga
menyangkutmasalah pendayagunaan tenaga secara optimal. Prinsip ini juga harus
digunakan sebagai landasan oprasional bagi kegiatan administrasi pendidikan di
sekolah
3) Prinsip
berorientasi pada tujuan
Sesuai dengan pendekatan
sistem maka semua kegiatan pendidikan di sekolah merupakan komponen input
instrument dalam sistem pendidikan maka untuk menjamin tercapainya tujuannya
tersebut, tujuan oprasional yang sudah dirumuskan itu juga menjadi gantungan orientasi
bagi pelaksana kegiatan administrasi pendidikan di sekolah.
4) Prinsip
kontinuitas
Prinsip kontinuitas ini
hendaknya juga dipergunakan sebagai landasan oprasional dalam melaksanakan
kegiatan administrasi di sekolah.
5) Prinsip
pendidikan seumur hidup
Prinsip ini berarti bahwa
setiap manusia indonesia diharapkan untuk selalu berkembang sepanjang hidupnya,
di lain pihak masyarakat pemerintahdi harapkan untuk dapat menciptakan situasi
yang menentang untuk belajar. Dalam melaksanakan administrasi pendidikan kiranya
prinsip tersebut perlu digunakan landasan oprasional.
b. Ciri-ciri
administrasi
1. Adanya
kelompok manusia yang terdiri atas 2 orang atau lebih.
2. Adanya
kerjasama.
3. Adanya
proses usaha.
4. Adanya
bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan.
5. Adanya
tujuan.
D. Implementasi
perinsip
a. Implementasi
prinsip
Adapun penerapan administasi pendidikan di sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai berikut;
1. Pengelolaan Administrasi Kesiswaan
Administrasi kesiswaan adalah bagian dari administrasi pendidikan di
sekolah yang menangani masalah-masalah kesiswaan yang berupa pengelolaan siswa
atau data-data tentang siswa sejak masuk sampai siswa tersebut meninggalkan
sekolah. Pengelolaan administrasi kesiswaan meliputi:
1. Penerimaan siswa baru
2. Pengisian data siswa
3. Melakukan bimbingan kepada siswa
4. Mengatur pembagian kelas
5. Melakukan pencatatan kehadiran siswa
6. Mencatat keterlambatan siswa
7. Mengarahkan dan mengatur kegiatan organisasi siswa
8. Mengerjakan buku mutasi siswa
9. Membina usaha kesehatan sekolah
10. Melaksanakan kegiatan pengelepasan siswa kelas
b. Cara-cara
administrasi
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Administrasi
adalah upaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan
orang-orang dalam suatu pola kerjasama. Sedangkan pedididkan adalah proses
sengaja untuk meneruskan atau mentranmisikan budaya orang dewasa kepada
generasi yang lebih muda. Proses ini mengandungsuatu tindakan asasi yaitu
pemilihan atau seleksi keterampilan, fakta, nilai, dan sikap yang paling
berharga dan penting dari kebudayaan untuk diajarkan kepada generasi yang lebih
muda itu.
Departemen
pendidikan dan kebudayaan RI dalam kurikulm usaha-usaha perbaikan dalam bidang
pendidikan dan administrasi negara.
Administrasi
pendidikan adalah suatu peorses keselurhan, kegiatan bersama dalam bidang
pendidikan yeng meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, pelaporan dengan menggunakan atau
memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal, material, maupun spiritual
untuk mencapai tujuan pendidkkan secara efektif dan efisien.
B.
Saran
Dilihat dari realita
sekarang banyak sekali lulusan yang tidak profesional dalam bidangnya dan tidak
dapat menyesuaikan diri dengan dinamika yang ada. Maka dari itu, perlu adanya
pembenahan yang harus dikembangkan oleh badan administrasi pendidikan agar
dapat memiliki lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyaraka
Komentar
Posting Komentar